Mawas Diri di Hari Sumpah Pemuda!!

1446020904937

Oleh: BEM FH UNS

Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu tanah air Indonesia
Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu bangsa Indonesia
Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia

Pastilah tak asing bagi kalian suadara – saudaraku membaca bait – bait diatas. Bersesuaian dengan namanya, sumpah pemuda dirumuskan oleh para pemuda dimasa lalu. Sumpah pemuda adalah bukti otentik dimana pada tanggal 28 Oktober 1928 Indonesia dilahirkan dengan semangat penuh perjuangan. Sebegitu hebatnya pemuda – pemuda zaman dahulu yang berfikiran bahwa persatuan dan kesatuan adalah cara terampuh melawan serangan penjajah yang luar biasa. Sumpah pemuda merupakan janji yang telah dibuat oleh para pemuda zaman dulu dan seharusnya juga menjadi janji bagi setiap pemuda bangsa Indonesia hingga detik ini.

Peristiwa sumpah pemuda bisa kita jadikan sebagai bahan renungan apakah kita sebagai pemuda – pemuda di zaman sekarang sudah menerapkan tiap larik dari janji sumpah pemuda itu. Sudahkah? Coba tanyakan pada diri anda masing – masing generasi muda. Berapa banyak anda mengkritik kebijakan pemerintah tanpa memberikan solusi bagi pemerintahan kita? Berapa banyak berita kejadian – kejadian tentang negara kita yang hanya menjadi teman penghabis waktu dikala senggang? Berapa banyak like pada status yang kalian buat saat kalian mengkritisi kebijakan pemerintah di Indonesia? Cukup hanya itukah implementasi dari janji – janji sumpah pemuda kita?

Bangunlah wahai generasi muda! Hentikan pergerakan generasi wacana. Generasi yang hanya bisa mengkritik tanpa memberi solusi, generasi yang hanya bisa berargumen namun tumpul dalam penetapan keputusan. Generasi yang seolah – olah peduli dengan negaranya di media sosial padahal nol besar! Indonesia tak butuh generasi seperti kalian, Indonesia terlalu berharga jika jatuh di tangan – tangan seperti kalian. Mari kita jadikan hari sumpah pemuda ini sebagai ajang mawas diri. Sudah pantaskah kita menjadi penerus bangsa yang sejati? Apa yang sudah kita berikan untuk Indonesia tercinta kita hingga detik ini? Mari bersama – sama kita kembalikan semangat pejuang muda di masa lalu, mari kita satukan tujuan dan rasa persatuan kita. Indonesia butuh dirimu yang berubah generasi muda, karena Indonesia adalah negaramu. Disini kita bukan turis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *